DESAIN MANAJEMEN JARINGAN
COMPUTER
NETWORKS 5TH. EDITION
BY TANENBAUM and WETHERALL
Chapter I
Perkembangan teknologi pada abad ini tumbuh dengan pesat dan cepat salah satunya adalah komputer. Setiap sekolah menengah dan Universitas pasti memiliki fasilitas komputer lebih dari dua. Dua komputer atau lebih yang saling terhubung dan saling bertukar informasi disebut jaringan komputer.
PENGGUNAAN JARINGAN KOMPUTER.
1. Aplikasi Bisnis
Setiap Perusahaan tentunya menyedian komputer untuk setiap karyawannya dan menggunakannya untuk merancang produk, menulis brosur, dan melakukan daftar gaji. Tujuannya adalah untuk membuat semua program, peralatan, dan terutama data yang tersedia bagi siapa saja di jaringan tanpa memperhatikan lokasi fisik sumber daya atau pengguna. Contoh yang jelas dan meluas adalah memiliki sekelompok pekerja kantor yang memiliki printer yang sama. Sebagian besar perusahaan memiliki catatan pelanggan, informasi produk, persediaan, laporan keuangan, informasi pajak, dan banyak lagi secara online.
Data disimpan pada komputer canggih yang disebut server. Seringkali ini dipusatkan secara terpusat dan dikelola oleh administrator sistem. Sebaliknya, karyawan memiliki mesin sederhana, yang disebut klien, mereka mengakses data jarak jauh, misalnya untuk memasukkan dalam spreadsheet yang mereka bangun. (Kadang-kadang kita akan mengacu pada pengguna komputer dari mesin klien sebagai '' klien ', tapi harus jelas dari konteks apakah kita berarti komputer atau penggunanya). Mesin klien dan server terhubung oleh jaringan.
PENGGUNAAN JARINGAN KOMPUTER.
1. Aplikasi Bisnis
Setiap Perusahaan tentunya menyedian komputer untuk setiap karyawannya dan menggunakannya untuk merancang produk, menulis brosur, dan melakukan daftar gaji. Tujuannya adalah untuk membuat semua program, peralatan, dan terutama data yang tersedia bagi siapa saja di jaringan tanpa memperhatikan lokasi fisik sumber daya atau pengguna. Contoh yang jelas dan meluas adalah memiliki sekelompok pekerja kantor yang memiliki printer yang sama. Sebagian besar perusahaan memiliki catatan pelanggan, informasi produk, persediaan, laporan keuangan, informasi pajak, dan banyak lagi secara online.
Data disimpan pada komputer canggih yang disebut server. Seringkali ini dipusatkan secara terpusat dan dikelola oleh administrator sistem. Sebaliknya, karyawan memiliki mesin sederhana, yang disebut klien, mereka mengakses data jarak jauh, misalnya untuk memasukkan dalam spreadsheet yang mereka bangun. (Kadang-kadang kita akan mengacu pada pengguna komputer dari mesin klien sebagai '' klien ', tapi harus jelas dari konteks apakah kita berarti komputer atau penggunanya). Mesin klien dan server terhubung oleh jaringan.
2. Aplikasi Rumah
Orang pada awalnya membeli komputer untuk pengolah kata dan permainan. Baru-baru ini, alasan terbesar untuk membeli komputer di rumah mungkin untuk akses Internet. Kini, banyak perangkat elektronik konsumen, seperti kotak set-top, konsol permainan, dan radio jam, dilengkapi dengan komputer dan jaringan komputer tertanam, terutama jaringan nirkabel. Jaringan rumah digunakan secara luas untuk hiburan, termasuk mendengarkan, melihat, dan menciptakan musik, foto, dan video.
Dalam bentuk ini, individu yang membentuk kelompok longgar dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam kelompok, seperti yang ditunjukkan pada Gambar. Setiap orang pada prinsipnya dapat berkomunikasi dengan satu atau lebih orang lain; Tidak ada pembagian tetap menjadi klien dan server.
Bidang lain di mana e-commerce banyak digunakan adalah akses ke lembaga keuangan. Banyak orang sudah membayar tagihan mereka, mengelola rekening bank mereka, dan menangani investasi mereka secara elektronik.
3. Pengguna Ponsel
Komputer mobile, seperti laptop dan komputer genggam, adalah salah satu segmen industri komputer yang tumbuh paling cepat. Penjualan mereka telah melampaui komputer desktop. Orang yang sering bepergian sering ingin menggunakan perangkat seluler mereka untuk membaca dan mengirim email, menonton film, mendownload musik, bermain game, atau sekadar menjelajahi Web untuk mendapatkan informasi.
Mereka ingin melakukan semua hal yang mereka lakukan di rumah dan di kantor. Konektivitas ke Internet memungkinkan banyak penggunaan mobile ini. Karena koneksi kabel tidak mungkin dilakukan di mobil, kapal, dan pesawat terbang, ada banyak minat pada jaringan nirkabel.
Dapat dilihat perbedaan antara jaringan nirkabel tanpa kabel dan jaringan nirkabel
4. Isu Sosial
Pengenalan jaringan secara luas telah memperkenalkan masalah sosial, etika, dan politik juga dan jaringan komputer juga telah memperkenalkan jenis baru perilaku antisosial dan kriminal. Surat sampah elektronik (spam) telah menjadi bagian dari kehidupan karena orang telah mengumpulkan jutaan alamat e-mail dan menjualnya ke CD-ROM ke calon marketeers. namun, untuk e-mail, disarankan tidak membuka e-mail dari pengirim asing, karena bisa saja itu merupakan sebuah virus.
Pencurian identitas menjadi masalah serius karena pencuri mengumpulkan cukup informasi tentang korban untuk mendapatkan kartu kredit dan dokumen lainnya atas nama korban. Akhirnya, bisa mengirimkan musik dan video secara digital telah membuka pintu bagi pelanggaran hak cipta besar yang sulit ditangkap dan diterapkan. Banyak masalah ini bisa diatasi jika industri komputer mengambil keamanan komputer secara serius. Masalahnya adalah vendor perangkat keras dan perangkat lunak tahu bahwa mengenakan fitur keamanan memerlukan biaya dan pelanggan mereka tidak menuntut fitur tersebut.
Terimakasih telah membaca.
Komentar
Posting Komentar