Software Untuk Proses Bisnis



Sebelum ke pembahasanku yaitu mengenai software yang membantu proses bisnis, mari kita lebih dulu mengenal apa itu Proses Bisnis. Proses bisnis adalah sekumpulan perkerjaan atau kativitas yang terstruktur dan saling berkaitan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk menghasilkan produk ataupun layanan (untuk meraih sebuah tujuan tertentu). Proses bisnis dapat dipecahkan menjadi beberapa subproses yang masih-masih proses memiliki atribut sendiri namun juga memiliki kontribusi untuk mencapai sebuah tujuan dari subprosesnya.Suatu proses bisnis yang baik harus mempunyai tujuan mengefektifkan, mengefisienkan dan meningkatkan produktifitas dari suatu organisasi.
Suatu organisasi secara umum tentu saja mempunyai tujuan agar dapat  bertahan hidup selama mungkin dan selalu meningkat kinerja serta produktifitasnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka suatu organisasi membutuhkan suatu proses bisnis yang baik untuk mendukung berjalannya organisasi tersebut.
Tidak terkecuali suatu perusahaan sebagai suatu organisasi tentu saja membutuhkan suatu proses bisnis yang baik agar dapat mendukung pencapaian tujuan dari perusahaan tersebut.

Berikut Ulasan Beberapa Software yang Akan Membantu Kamu dalam Berbisnis :


  • Microsoft Visio
Microsoft visio yang biasa disebut Visio adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan. Untuk membuat diagram-diagramnya, aplikasi ini menggunakan grafik vektor.

Berikut kelebihan dari Microsoft Visio :
  1. Toolsnya-toolsnya mudah dipahami,
  2. Cara penggunaan yang mudah,
  3. Banyak pilihan gambar,
  4. Gambar 3D yang menarik,
  5. Bisa menggunakan adds-in.

Berikut kekurangan dari Microsoft Visio :
  1. Instalasi yang rumit,
  2. Tutorial instal yang sedikit,
  3. Software tidak gratis,
  4. Sub pilihan yang ditawarkan sedikit.


  • Visual Paradigm
Visual Paradigm adalah tool program untuk membuat aplikasi dengan proses pemodelan terlebih dahulu. Dan ternyata, untuk membuat sebuah program ada tahapan- tahapan yang harus dilakukan, tidak langsung dengan membuat coding. Bagaimana? Salah satu caranya yaitu menggunakan Visual Paradigm ini.


Berikut kelebihan dari Visual Paradigm : 
  1. Cross-platform Windows,Linux, MAc OS 
  2. Mudah dalam penggunaan
  3. Ada nya error checker
Berikut kekurangan dari Visual Paradigm :
  1. Tidak dapan men-generate code dari pemodelan yang telah kita buat (Versi Community Edition)
  2. Aplikasi ini berbayar untuk menjadi versi profesional agar dapat menggunakan fitur ini.


  •  Enterprise Architect
Umumnya Enterprise Architecture adalah proses menerjemahkan visi dan stategi bisnis ke perubahan yang lebih efekfif dengan cara membuat, mengomunikasikan, dan meningkatkan kebutuhan kunci, prinsip dan model yang mendeskripsikan keadaan perusahaan pada masa depan dan memastikan perusahaan untuk berevolusi menjadi lebih baik.

Dalam Sistem Informasi Enterprise Architect adalah sebuah platform visualisasi untuk merancang dan membangun sebuah sistem perangkat lunak, untuk pemodelan proses bisnis, dan untuk lebih umumnya digunakan tujuan pemodelan. Enterprise Architect adalah sebuah alat yang sangat maju yang mencakup seluruh aspek dari mulai siklus pengembangan, memberikan penelusuran secara mendetail atau penuh dari mulai awal tahap mendesain sampai mengontrol perkembangan, pemeliharaan, pengujian dan perubahan kontrol.Dimana tools Enterprise Architect dikembangkan oleh Sparx Systems sebuah perusahaan Australia dengan inovasi dan pengembangan dalam pemodelan UML. Sparx System adalah anggota dari Object Management Group(OMG). Unified Modeling Language (UML) adalah  sebuah bahasa grafis untuk memvisualisasikan, menentukan, membangun, dan mendokumentasikan bentuk  sebuah sistem perangkat lunak. 

Kelebihan Enterprise Architect :
  1. Mampu menilai integrasi suatu organisasi
  2. Membentuk standart-standart tekhnologi yang digunakan
  3. Sebagai pedoman Organisasi
  4. Mengatur pengeluaran IT
Kekurangan Enterprise Architect :
  1. Bukan untuk operasional, butuh spesialisasi
  2. Dukungan terbatas abstraction 


  • Bizagi Process Modeler 
Bizagi Process Modeler adalah aplikasi freeware untuk diagram grafis, mendokumentasikan dan mensimulasikan proses dalam format standar yang dikenal dengan Business Process Model and Notation (BPMN) . Dengan menggunakan Bizagi Modeler, proses dapat dipublikasikan ke Word, PDF, Wiki, Web atau SharePoint, atau diekspor ke Visio, format gambar (png, bpm, svg atau jpg) dan XPDL,  untuk dibagikan dan dikomunikasikan ke seluruh organisasi.



Kelebihan Bizagi process modeler :
1.) Bizagi dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses.

2.) Menyediakan satu set template proses eksekusi yang dapat didownload dari Bizagi.


 
Kekurangan Bizagi process modeler :

1.) Memerlukan koneksi internet pada saat instalasi.




  • ARIS Express
ARIS Express adalah alat pemodelan bebas biaya untuk analisis proses bisnis dan manajemen. Ini mendukung notasi pemodelan yang berbeda seperti BPMN 2, Event Process Process Chains (EPC), bagan organisasi, lanskap proses, papan tulis, dll. ARIS Express awalnya dikembangkan oleh IDS Scheer, yang dibeli oleh Software AG pada bulan Desember 2010. Alat ini disediakan sebagai freeware pada halaman web ARIS Community.
Kelebihan Aris Express:
1) Pengguna dapat membuat diagram yang berisi jumlah objek pemodelan yang tidak terbatas.
2)Dapat mengekspor diagram ke format yang berbeda seperti PDF, JPEG, PNG, EMF, ADF. 
3)Aplikasi bisa langsung dimulai tanpa prosedur instalasi. 


Kekurangan Aris Express:
1)Memerlukan koneksi internet pada saat instalasi.

  • ALTOVA 
Altova adalah perusahaan pengembang perangkat lunak komersial dengan kantor pusat di Beverly, MA, AS dan Wina, Austria yang menghasilkan perangkat pengembangan perangkat lunak XML, database, UML, dan pengembangan data terpadu. Perangkat lunak Altova berupaya meningkatkan efisiensi penggunaan program guna mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan pengguna untuk belajar software database dan tugas lainnya seperti eksekusi query. 


Contoh perangkat lunak Altova mencakup editor XML XMLSpy, dan MapForce, alat pemetaan data. Perusahaan juga mengembangkan perangkat lunak untuk tim bisnis selain perangkat lunak mereka untuk pengembang. Altova juga telah menambahkan program berkemampuan XBRL ke perangkat lunak XML-nya, termasuk alat pengembangan. Selain itu, mereka juga menyertakan kemampuan Bahasa Inggris dan Kemampuan Unified Modeling Language untuk perangkat lunak mereka.

Kelebihan Altova :
 meningkatkan efisiensi penggunaan program untuk mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan pengguna
Kekurangan Altova :
 Membutuhkan software lain untuk controller



  • ACTIVITI
Activiti merupakan Manajemen Proses Bisnis open source yang modern, yang telah diuji coba, dan terbuka. Activiti mendukung standar terbuka seperti BPMN dan DMN dengan API REST terbuka untuk proses dan sistem yang paling menuntut. Activiti menempatkan kekuatan BPM di tangan pengembang dengan API praktis.

Activiti didukung oleh tim individu dan perusahaan, termasuk sponsor utama proyek Alfresco.

Kelebihan Aktiviti software:
 Dapat diinstal pada satu komputer atau Server dan beberapa workstation untuk penggunaan toko yang luas tanpa batas jumlah pengguna.
 Aktivitas pengelolaan proses dan data secara menyeluruh serta fleksible.
Kekurangan Aktivity software:
 Tidak memiliki program.
 



Komentar

  1. Mengapa instalasi Microsoft Visio dianggap rumit, dan adakah langkah-langkah tertentu yang bisa mempermudah proses instalasi? Intip PTS terbaik di Bandung Telkom University

    BalasHapus
  2. Selain itu, mereka juga menyertakan kemampuan Bahasa Inggris dan Kemampuan Unified Modeling Language untuk perangkat lunak mereka? Tel U

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Klasik Sinkronisasi

IP ADDRESS dan SUBNETING